Temanmu Penggila Teori Bumi Datar? Coba Kamu Minta Dia Patahkan 5 Argumen Andalan Ini

Akhir-akhir ini, ketika para ahli teori Bumi-datar menjadi lebih vokal, sepertinya lebih banyak orang sering mempercayai bahwa bumi itu datar, dan gerakan ini semakin kuat. Pernyataan-pernyataan ini bertentangan dengan penjelasan logis tentang apa yang kita ketahui tentang planet kita: bahwa bumi berbentuk bulat dan mengorbit matahari.

Untungnya, untuk setiap gagasan tentang mengapa Bumi mungkin datar, ada bukti fisik yang membuktikan bahwa Bumi itu pasti bulat. Nah, kamu mungkin bisa memberikan argumen-argumen ini pada temanmu yang percaya bahwa bumi itu datar.

1. Lihat saat kapal berlayar ke laut

Temanmu Penggila Teori Bumi Datar? Coba Kamu Minta Dia Patahkan 5 Argumen Andalan Ini
Referensi pihak ketiga: texasstandard.org

Jika kamu menyaksikan kapal berlayar ke laut, perhatikan tiang dan bendera kapal saat kapal itu menghilang ke kejauhan. Kamu akan melihat bahwa, pada kenyataannya, kapal tersebut tidak “menghilang di kejauhan” sama sekali; melainkan kamu akan melihat tiang dan benderanya tampak tenggelam perlahan. Kapal berlayar melampaui titik di mana kamu bisa melihatnya. Untuk memastikan, kamu juga bisa menggunakan teropong.

Referensi pihak ketiga: quora.com/Why-do-people-believe-ships-go-over-the-horizon-when-they-are-simply-moving-out-of-sight-They-can-look-through-a-telescope-and-bring-the-craft-back-into-view-Objects-get-smaller-as-they-get-farther-away

Fenomena ini hanya bisa dijelaskan jika planet berbentuk bola.

2. Tonton gerhana bulan

Referensi pihak ketiga: http://foto.star-shine.ch/

Pertama-tama, beginilah gerhana bulan bekerja: Bumi melewati antara bulan dan matahari, sehingga matahari memproyeksikan bayangan Bumi ke Bulan di langit malam. Kamu mungkin pernah melihat gerhana bulan sebagian tanpa menyadarinya; jika bulan terlihat oranye, itu pertanda gerhana bulan.

Kalau kamu pernah melihat gerhana bulan total, kamu mungkin memperhatikan bahwa bayangannya tidak terlihat seperti ini.

Referensi pihak ketiga: twitter.com/neiltyson

Bayangan bulat melintasi benda bulat. Ini tidak terdengar seperti hal yang akan terjadi jika kita berada di sebuah daratm dimana semua benda langit seperti bintang. bulan, dan matahari hanya melayang di atas kepala — atau, mungkin lebih bodoh, jika matahari mengorbit Bumi dan bukan sebaliknya.

3. Panjatlah pohon

Referensi pihak ketiga: depositphotos.com

Bayangkan kamu berada di sebuah dataran yang sangat luas dengan satu pohon besar berada di tengah. Jika bumi itu datar, jarak penglihatanmu akan sama jauhnya jika kamu berdiri di pangkal pohon maupun berada diatas pohon. Namun nyatanya, semakin jauh kamu memanjat, semakin jauh garis pandangmu meluas ke cakrawala.

Itu karena bagian-bagian Bumi yang disembunyikan dari pandangan oleh kelengkungan terungkap karena posisimu telah berubah. Disamping itu, Mata telanjang dapat melihat benda-benda yang jutaan mil jauhnya di ruang angkasa. Secara teoritis, dengan garis pandang yang jelas pada malam yang cerah, orang juga akan dapat melihat cahaya terang dari kota-kota di belahan bumi lainnya. Kenyataan bahwa ini tidak terjadi adalah bukti lebih lanjut tentang Bumi yang bulat, bukan rata.

4. Saksikan matahari terbenam

Referensi pihak ketiga: rootsrated.com

Pilih tempat yang bagus untuk menyaksikan matahari terbenam (sebut saja titik A). Idealnya, kamu seharusnya memiliki cakrawala yang jelas didepan, dan di belakang kamu juga harus tersedia semacam titik tinggi yang dapat kamu akses dengan cepat (sebuah bukit, bangunan dengan setidaknya dua lantai, atau mungkin pohon yang tinggi; sebut saja titik B).

Saksikan matahari terbenam dari titik A, dan begitu matahari tidak terlihat, bergegaslah ke titik B. Dengan tambahan tinggi yang disediakan oleh titik B, kamu seharusnya dapat melihat sedikit matahari diatas cakrawala. Jika Bumi datar, matahari tidak akan terlihat pada ketinggian apa pun setelah matahari terbenam. Karena Bumi bulat, matahari akan kembali ke garis pandang.

Memang sedikit merepotkan, namun fenomena tersebut dijamin akan terjadi jika kamu mempraktekkannya. Alternatif lain, kamu bahkan bisa mencoba berbaring tengkurap untuk menyaksikan matahari terbenam, kemudian berdiri untuk mendapatkan garis pandang yang lebih tinggi.

5. Googling foto “International Space Station”

Cara terakhir bisa kamu langsung praktekkan di hp-mu. Kamu akan melihat beberapa foto yang menakjubkan.

Referensi pihak ketiga: theverge.com

Tampak ada kelengkungan disitu.

Referensi pihak ketiga: twitter.com/WalesOnline

Melihat adalah percaya, dan penelitian sendiri dapat menjadi bukti terbaik, baik itu meluangkan waktu untuk melakukan penyelidikan sendiri atau hanya mencari hasil orang lain yang telah menjalankan eksperimen mereka sendiri.

Sumber: 

UCNEWS.ID

crosstalk.cell.com/blog/seven-ways-to-prove-earth-is-round

Twitter.com/neiltyson/status/934906611088359426/photo/1

#topikseru #topiktrending

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *