Amien Rais Ancam Kerahkan People Power, Akhirnya Jokowi Angkat Bicara! Keras dan Menohok!

Belakangan ini, jagat politik tanah air dihebohkan dengan ‘ancaman’ Ketua Dewan Kehormatan PAN yang juga Dewan Penasihat BPN Paslon 02, Amien Rais yang bakal mengerahkan massa lewat people power jika Pemilu 2019 berlangsung curang.

Amien mengaku ogah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) karena dianggap sia-sia tidak ada gunanya.

Amien Rais. (tribunnews.com)

“Kalau nanti terjadi kecurangan, kami enggak akan ke MK. Enggak ada gunanya, tapi kami people power. People power sah,” kata Amien Rais di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (31/3/2019).

“Bukan revolusi. Kalau revolusi, ada pertumpahan darah. Ini tanpa sedikit pun darah tercecer. People power akan digunakan,” tegas Amien seperti dikutip tribunnewsbogor.com (2 April 2019).

Bagaimana Reaksi Jokowi?

Jokowi sangat menyesalkan pernyataan eks Ketua MPR itu. Mantan Walikota Solo itu meminta Amien Rais tak menggunakan cara yang menakut-nakuti.

Jokowi di Sorong. (news.detik.com)

“Jangan ginilah. Jangan menekan dengan cara menakut-nakuti rakyat, pemerintah. Semuanya ada mekanismenya. Ada UU-nya, ada aturan hukumnya,” kata Jokowi di Sorong, Selasa (2/3/2019).

Jokowi mempersilakan Amien melaporkan ke Bawaslu apabila menemukan dugaan kecurangan dalam pemilu. Jika kecurangan terkait unsur pidana, Amien diminta untuk melapor ke kepolisian.

“Mekanismenya kan itu. Ini pesta demokrasi. Harusnya senang gembira. Jangan menakut-nakuti orang yang sedang gembira. Pemilunya saja belum kok sudah teriaknya seperti itu,” kata Jokowi seperti dikutip tribunnewsbogor.com (2 April 2019).

Melanggar Mekanisme Hukum?

Banyak kalangan menilai, pernyataan Amien Rais itu sudah bukan lagi dianggap sebagai kritik, melainkan sebuah tuduhan.

Bagaimana tidak? Pemilu baru akan berlangsung pada 17 April 2019, tapi sudah melontarkan tuduhan bahwa Pemilu berlangsung curang sehingga melontarkan ancaman serius bakal terjadi tekanan massa lewat people power.

Kalau toh memang ditemukan indikasi kecurangan, seharusnya Amien memberikan teladan positif buat rakyat untuk melakukan gugatan ke MK dwngan mengumpulkan bukti sebanyak-banyaknya biar diuji oleh MK sebagai benteng pengadilan yang terakhir terkait sengketa Pemilu.

Seharusnya langkah hukum yang sah dan konstitusional semacam itu yang mesti dilakukan Amien Rais. Mengerahkan people power bukan hanya melanggar mekanisme hukum, melainkan juga berpotensi memicu terjadinya chaos sosial di tengah-tengah masyarakat.

Kita berharap Amien Rais bisa bersikap lebih bijak dan bisa mengendalikan diri sehingga tidak gampang melontarkan tuduhan tanpa bukti dan fakta. Itu saja! ***

Sumber: UCNEWS.ID

#topikseru #topikserupolitik #jokowi #prabowo #pemilu2019 #politik2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *