4 Tips Aman Pindah Gigi pada Mobil Matik

Foto: Pixabay

Penggunaan mobil matik terlihat lebih mudah dibanding mobil manual. Salah satunya dalam hal mengatur gigi. Karena tidak ada kopling, perpindahan gigi mobil matik cenderung lebih cepat. Hal itu menjadi salah satu alasan mobil matik lebih banyak digemari, terutama oleh anak muda.

Walaupun begitu, ada empat tips yang harus kamu ketahui agar kamu bisa memindahkan gigi mobil matik dengan aman. Hal ini untuk berguna untuk menghindari kerusakan.

1. Atur Gigi R dan D Sebelum Mobil Mundur dan Maju

Jika ingin memundurkan mobil, pastikan mobil sudah dalam keadaan berhenti. Injak pedal rem dan pastikan kondisi belakang mobil dalam keadaan aman. Setelah itu, kamu bisa langsung pindah ke gigi R.Sebaliknya, lakukan hal yang sama ketika ingin memajukan mobil setelah mundur. Injak pedal rem, lihat kondisi depan, dan pindah ke gigi D. Cara tersebut dapat membuat pemakaian gearbox menjadi lebih baik.

2. Atur Gigi N saat Lampu Merah

Gambar oleh Siobhan Dolezal dari Pixabay

Jika berhenti di lampu merah, jangan lupa untuk memindahkan gigi ke N sambil menginjak pedal rem. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur Parking Brake jika tempat berhentinya menanjak atau menurun.

Kesalahan yang biasa dilakukan penguna mobil matik ketika berhenti di lampu merah adalah membiarkan posisi gigi tetap di D sambil menginjak rem. Padahal, hal tersebut dapat mengikis kampas rem dan memperpendek usia gearbox mobil.

3. Perhatikan Jalan Menanjak dan Turunan

Jika kamu membutuhkan akselerasi tinggi di jalan menanjak, kamu bisa mengubah posisi dari D ke D-3, D-2, atau L tanpa menginjak rem. Akselerasi mobil akan bertambah sesuai kebutuhan tanpa muncul risiko kerusakan pada gearbox. Setelah jalan menanjak selesai, kembalikan posisi gigi ke D.Gunakan cara yang sama ketika berada di jalan turunan. Penggunaan gigi D-3 dan D-2 dapat membuat mobil mendapatkan engine brake dengan baik. Mobil pun tidak akan meluncur berlebihan dan rem tidak akan membuat kampas menjadi panas. Jangan lupa untuk kembalikan posisi gigi ke D setelah melewati turunan.

4. Ubah Posisi Gigi ke P saat Parkir

Gambar oleh Hans Braxmeier dari Pixabay

Kebanyakan pengguna mobil matik mengatur gigi N dan mengaktifkan Parking Brake saat memarkir mobil. Padahal, hal tersebut merupakan cara yang salah. Penggunaan gigi N akan membuat kampas rem menjepit piringan disc brake.Kamu bisa menggunakan gigi P saat memarkir mobil, terutama saat parkir paralel. Posisi gigi P akan membuat sistem gearbox memberikan ganjalan pada gigi-gigi roda. Hal ini akan membuat mobil tidak bergerak.Nah, itu tadi empat tips aman mengubah posisi gigi pada mobil matik. Selain aman, cara tersebut juga dapat dilakukan untuk meminimalkan kerusakan pada mobil akibat salah pindah gigi. (mit)

Sumber: KUMPARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *