Waspada Situs PeduliLindungi Palsu, Sebar Penipuan Jual-Beli Vaksin

Seorang warga membuka aplikasi PeduliLindungi pada gawai miliknya di Surabaya, Jawa Timur. Foto: Zabur Karuru/ANTARA FOTO

PeduliLindungi merupakan aplikasi esensial bagi masyarakat yang mau berpergian ke tempat publik dan mendapatkan informasi resmi dari pemerintah selama pandemi corona. Tak heran oknum tak bertanggungjawab mencoba memanfaatkan momentum ini untuk menyebar situs PeduliLindungi palsu.

Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaporkan bahwa pihaknya telah mengidentifikasi sebuah situs web PeduliLindungi palsu. Website tersebut memiliki alamat pedulilindungia.com, hampir mirip seperti situs web PeduliLindungi asli yang beralamat pedulilindungi.id.Selain alamat yang mirip, situs PeduliLindungi palsu itu juga menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id.Berdasarkan screenshot yang ditampilkan Kominfo, situs pedulilindungia.com menampilkan informasi penipuan. Website palsu itu menjelaskan bahwa orang bisa membeli vaksin COVID-19 dengan harga Rp 1 juta. Pelaku juga mencantumkan rekening bank untuk transfer di dalam informasi penipuan tersebut. Padahal, vaksin corona di Indonesia enggak berbayar dan bisa didapatkan gratis oleh warga.

Screenshot situs PeduliLindungi palsu. Foto: Kominfo

“Situs pedulilindungia.com adalah situs palsu dan bukan situs yang digunakan oleh Pemerintah untuk melakukan penanganan COVID-19,” kata juru bicara Kominfo, Dedy Permadi, dalam keterangan resmi, Kamis (9/9).

“Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun.”Dedy menjelaskan bahwa situs PeduliLindungi palsu tersebut telah diblokir oleh Kominfo. Untuk mengantisipasi kemungkinan situs palsu dan modus penipuan seperti ini di masa depan, Kominfo meminta masyarakat agar hanya mengakses situs dan aplikasi PeduliLindungi yang asli.”Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun,” kata Dedy.”Masyarakat diminta untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store.”

Sumber: KUMPARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *