Ada Fenomena Astronomi Langka Ekuinoks di Indonesia Malam Ini, Apa Itu?

Konten ini diproduksi oleh kumparan

Ada Fenomena Astronomi Langka Ekuinoks di Indonesia Malam Ini, Apa Itu?
Ilustrasi Matahari. Foto: Loic Venance/AFP

Fenomena langka ekuinoks terjadi di Indonesia pada Kamis (23/09) dini hari nanti. Ketika ekuinoks, Matahari akan terbit nyaris tepat di arah timur dan terbenam tepat di arah barat.

Ekuinoks terbilang fenomena langka karena hanya terjadi dua kali dalam satu tahun, yaitu pada Maret dan September. Untuk tahun ini, ekuinoks September akan terjadi pada 23 September 2021, pukul 02.20.59 WIB atau 03.20.59 WITA atau 04.20.59 WIT.Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan, ekuinoks September merupakan titik perpotongan ekliptika dan ekuator langit yang dilewati Matahari dalam perjalanan semu tahunan Matahari dari langit belahan utara menuju ke langit belahan selatan. Ekuinoks September dikenal juga sebagai Ekuinoks Musim Gugur (autumnal equinox) di belahan Utara dan Ekuinoks Musim Semi (vernal equinox) di belahan Selatan.Sementara ekuinoks Maret merupakan titik perpotongan ekliptika dan ekuator langit yang dilewati Matahari dalam perjalanan semu tahunan Matahari dari langit belahan Selatan menuju ke langit belahan Utara. Ekuinoks Maret dikenal juga sebagai Ekuinoks Musim Semi (vernal equinox) di belahan Utara dan Ekuinoks Musim Gugur (autumnal equinox) di belahan Selatan.

sumber : https://kumparan.com/kumparansains/ada-fenomena-astronomi-langka-ekuinoks-di-indonesia-malam-ini-apa-itu-1wZyyBv4WPe/2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *