Aturan Corona Pass Diterapkan di Belanda, Ratusan Warga Gelar Aksi Protes

Konten ini diproduksi oleh kumparan

Aturan Corona Pass Diterapkan di Belanda, Ratusan Warga Gelar Aksi Protes
Rumah sakit di Belanda saat mengevakuasi pasien corona asal Jerman Foto: AP Photo/Martin Meissner

Ratusan warga Belanda menggelar aksi unjuk rasa memprotes aturan “corona pass” pada Sabtu (25/9). Dikutip dari Reuters, aturan itu mewajibkan menunjukkan bukti vaksinasi COVID-19 untuk bisa masuk ke bar, restoran, bioskop, dan fasilitas lainnya.

Peluncuran izin vaksinasi bertepatan dengan pencabutan hampir semua aturan social distancing di negara itu, di mana 72% populasi telah menerima setidaknya dosis pertama vaksinasi.Meski penggunaan masker masih diwajibkan di transportasi publik, siswa dan guru tidak perlu lagi harus memakai masker di sekolah, dan aturan jaga jarak 1,5 meter di tempat-tempat umum juga dibatalkan.Sementara warga yang memprotes kebijakan baru tersebut membawa spanduk dan plakat saat musik tekno dimainkan lewat pengeras suara mobile. Mereka berbaris menyuarakan menentang aturan baru tersebut di sepanjang jalan-jalan ibu kota Belanda, The Hague.

Aturan Corona Pass Diterapkan di Belanda, Ratusan Warga Gelar Aksi Protes (1)
Restoran rumah kaca di Amsterdam, Belanda. Foto: REUTERS/Eva Plevier

Beberapa plakat bahkan membandingkan aturan pembatasan COVID-19 dengan tindakan yang dilakukan pemerintahan yang represif.”Apartheid medis. Hentikan paspor vaksin,” tulis salah satu plakat.

https://widget.kumparan.com/story/viral-kisah-burung-merpati-milik-warga-pekalongan-dijual-rp-1-5-miliar-1wbB2ZkE6zs?variant=EMBED&fixedHeight=0&dark=0Sebagian besar warga Belanda mendukung corona pass, sementara beberapa menentang aturan yang juga dikenalkan di beberapa negara Eropa lain seperti Italia dan Prancis. Kebanyakan kritik datang dari sektor perhotelan.Lebih dari 40% pemilik bar dan restoran tidak berencana untuk menanyakan sertifikat kepada konsumer. Hal tersebut dikatakan asosiasi industri perhotelan, Horeca Nederland, mengutip hasil survei yang dilakukan anggotanya.Dikatakan juga dalam sebuah pernyataan bahwa banyak pengusaha yang memandang aturan itu sebagai “alat politik” yang ditujukan untuk meningkatkan pemberian vaksinasi, dan memperingatkan kebijakan itu dapat mempengaruhi sektor tersebut saat pulih dari pandemi.

Aturan Corona Pass Diterapkan di Belanda, Ratusan Warga Gelar Aksi Protes (2)
Ilustrasi corona di Belanda. Foto: REUTERS/Piroschka van de Wouw

Beberapa jam setelah aturan untuk menunjukkan bukti vaksinasi atau hasil tes corona negatif berlaku, pemerintahan sementara Perdana Menteri Mark Rutte memecat seorang anggota kabinet yang secara terbuka mempertanyakan kebijakan tersebut.

Kantor Rutte mengungkapkan, Wakil Menteri Urusan Ekonomi Mona Keijzer telah diberhentikan karena pernyataannya yang bertentangan dengan kebijakan kabinet tentang masalah “yang begitu penting dan berat”.Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Telegraaf, Keijzer yang sudah dipecat, mempertanyakan apakah kebijakan tersebut dibenarkan.”Jika kita berakhir di masyarakat di mana kita harus takut satu sama lain kecuali jika kita bisa menunjukkan bukti, maka Anda harus benar-benar menggaruk kepala dan bertanya kepada diri sendiri: apakah ini adalah arah yang benar-benar ingin dituju?” ujarnya.

sumber : https://kumparan.com/kumparannews/aturan-corona-pass-diterapkan-di-belanda-ratusan-warga-gelar-aksi-protes-1wbL175viLe/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *