Toyota Avanza Terbaru 2022 Makin Jadi Sorotan, Tipe Dan Mesin Terungkap

By Mada Prastya30 September 2021No CommentShare this on WhatsApp

Jakarta – Dengan status sebagai salah satu mobil legendaris di Indonesia, wajar jika kehadiran Toyota Avanza terbaru 2022 sangat dinantikan. Terlebih lagi sejak mobil ini pertama kali dipasarkan tahun 2004 wujudnya belum banyak berubah sampai sekarang.

Mobil konsep DN Multisix yang disebut-sebut sebagai basis Avanza/Xenia generasi berikutnya. (Foto: Wikimedia)

Mendekati akhir tahun 2021, rumor kehadiran generasi terbaru Avanza mengalir lebih deras dari sebelum-sebelumnya. Informasi yang beredar sebagian memang masih bersifat spekulasi, namun ada juga yang sulit untuk disangkal.

Toyota Avanza Terbaru Memiliki 9 Varian

Generasi terbaru Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) ini kemungkinan besar memiliki sembilan varian. Hal tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.40 2021.

Dalam dokumen tersebut muncul sederet jenis mobil dengan kode W100 dan W101. Menurut bocoran yang beredar sebelumnya kedua kode tersebut mengacu pada Avanza generasi terbaru.

  • W100RE-LBDFJ 1.3 E CVT
  • W100RE-LMDFJ 1.3 E MT
  • W101RE-LBMFJ 1.5 G CVT
  • W101RE-LBMFJ 1.5 G CVT TSS
  • W101RE-LBSFJ 1.5 CVT
  • W101RE-LBVFJ 1.5 Q CVT
  • W101RE-LBVFJ 1.5 Q CVT TSS
  • W101RE-LMMFC 1.5 G MT
  • W101RE-LMSFJ 1.5 MT

Tersedia Dua Pilihan Mesin dan Menggunakan CVT

Informasi di atas sekaligus mengungkap cukup banyak hal mengenai mobil yang diduga Avanza terbaru. Hal pertama adalah pilihan mesin tetap ada dua jenis, yakni 1.300 cc dan 1.500 cc.

Di samping itu, terlihat adanya kemungkinan penggunaan transmisi CVT. Jika benar demikian maka Avanza terbaru akan sangat mengganggu Honda Mobilio yang sudah lebih dulu menggunakan transmisi sabuk baja tersebut.

Varian dengan Dilengkapi Toyota Safety Sense

Teknologi keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) sempat menjadi perbincangan ketika muncul pada Toyota Raize. Kemungkinan besar teknologi tersebut pun bisa ditemui pada Toyota Avanza terbaru 2022.

Terlihat ada dua varian yang dilengkapi TSS, yakni G dan Q. Kebetulan kedua varian tersebut menggunakan transmisi CVT.

Bakal Menggunakan Penggerak Roda Depan

Rumor lainnya terkait rencana kehadiran Toyota Avanza terbaru 2022 ialah perubahan sistem penggerak. Dari yang sebelumnya menggunakan sistem penggerak roda belakang pindah ke depan.

Belum ada konfirmasi terkait hal ini. Namun salah satu hal yang dapat dijadikan acuan ialah mayoritas penggunaan transmisi CVT kerap dipasangkan dengan penggerak roda depan.

Jika benar demikian maka Avanza terbaru akan lebih sejajar dengan LMPV lainnya.

sumber https://www.carmudi.co.id/journal/toyota-avanza-terbaru-2022-makin-jadi-sorotan-tipe-dan-mesin-terungkap/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *