Sugih! Kekayaan Elon Musk Lewati Harta Gabungan Bill Gates dan Warren Buffett

Elon Musk, CEO perusahaan SpaceX dan Tesla. Foto: REUTERS/Danny Moloshok

Orang terkaya di dunia, Elon Musk, telah mencatat kekayaan senilai 236 miliar dolar AS (atau sekitar Rp 3.319,2 triliun), menurut Bloomberg Billionaire Index pada Sabtu (16/10). Total kekayaannya kini lebih besar daripada gabungan harta Bill Gates dan Warren Buffett.

Bill Gates dan Warren Buffett merupakan mantan orang terkaya di dunia pada beberapa tahun lalu. Namun, kini keduanya mesti puas duduk di tempat ke-4 (Bill Gates dengan kekayaan 130 miliar dolar AS) dan 10 (Warren Buffett dengan 102 miliar dolar AS) dalam daftar Bloomberg.Elon Musk sendiri pertama kali menjadi orang terkaya di dunia usai menggeser mantan CEO Amazon, Jeff Bezos, pada Januari 2021. Bezos sebelumnya memegang gelar tersebut sejak 2017, menggantikan Bill Gates.Jeff Bezos kini berada di posisi kedua dalam daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg dengan nilai 197 miliar dolar AS.

Waren Buffett dan Bill Gates Foto: Shanon Stapleton/Reuters

Lonjakan kekayaan Elon Musk didorong oleh kinerja saham Tesla yang positif selama setahun terakhir. Pertumbuhan Tesla di bursa saham menambah harta Musk senilai 60 miliar dolar AS pada tahun ini.

Pada pekan ini, nilai harta Elon Musk juga meningkat sebesar 11 miliar dolar AS usai perusahaan manufaktur antariksa miliknya, SpaceX, mendapat pendanaan baru. SpaceX kini bernilai 100 miliar dolar AS dan menjadi perusahaan swasta paling bernilai kedua di dunia, dibawah raksasa internet ByteDance.

Menurut laporan CNBC, nilai kekayaan Bill Gates dan Warren Buffett sebenarnya dapat lebih dekat dengan Musk jika bukan karena filantropi keduanya. Bill Gates dan Warren Buffett memang diketahui rajin memberikan puluhan miliar dolar untuk tujuan amal selama bertahun-tahun.Di sisi lain, Musk sering dikritik karena tidak banyak memberikan amal dari kekayaannya yang besar. Laporan Forbes Philanthropy Score baru-baru ini juga mengungkap bahwa Elon Musk dan Jeff Bezos belum memberikan sumbangan yang mencapai 1 persen dari kekayaan mereka.

Elon Musk sebelumnya mengatakan dia lebih memilih untuk tetap anonim saat memberikan uang amal. Pada awal tahun ini, orang terkaya di dunia itu meminta pengguna Twitter untuk memberikan “umpan balik kritis” tentang cara dia bisa menyumbang.Tahun ini, Musk juga berjanji untuk memberikan sumbangan senilai 150 juta dolar AS. Menurut laporan Vox, jumlah tersebut lebih besar dari semua pemberian amal sebelumnya yang pernah diberi oleh Musk.

Sumber: KUMPARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *