Skenario Perjalanan Darat 250 Km yang Wajib Tes PCR H-3 atau Antigen H-1

Konten ini diproduksi oleh kumparan

Skenario Perjalanan Darat 250 Km yang Wajib Tes PCR H-3 atau Antigen H-1
Infografik Aturan Baru Perjalanan Darat 250 Km. Foto: Tim Kreatif kumparan

Pemerintah menerbitkan aturan baru soal perjalanan darat selama pandemi corona. Kali ini, pelaku perjalanan darat dengan jarak 250 km diwajibkan memiliki bukti vaksin minimal dosis 1, serta hasil negatif tes PCR H-3 atau antigen H-1.

Aturan tersebut dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dalam Surat Edaran atau SE 90 Tahun 2021 itu, disebutkan bahwa kebijakan ini berlaku sejak 27 Oktober 2021 untuk wilayah dalam, dari, dan ke Jawa-Bali. “Ketentuan syarat perjalanan tersebut berlaku bagi pengguna kendaraan bermotor perseorangan, sepeda motor, kendaraan bermotor umum, maupun angkutan penyeberangan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dikutip dari Antara, Senin (1/11).

Skenario Perjalanan Darat 250 Km yang Wajib Tes PCR H-3 atau Antigen H-1 (1)
Petugas kebersihan berada di area peron Stasiun Senen, Jakarta, Kamis (6/5/2021). Foto: Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO

Menurut Budi, Kemenhub mengimbau para pemimpin daerah baik Gubernur, Wali Kota, Satgas COVID-19 di pusat dan daerah, UPT Ditjen Hubdat, maupun penyelenggara/operator sarana prasarana transportasi darat seluruhnya dapat berkoordinasi serta melakukan pengawasan terhadap pemberlakuan aturan ini di daerah-daerah.

Lantas, seperti apa gambaran perjalanan darat 250 km itu?

Berdasarkan data Google Maps, perjalanan dengan kereta dari Stasiun Senen ke Stasiun Bandung membutuhkan waktu 151 km. Artinya, calon penumpang tak perlu melakukan tes PCR atau antigen dari Jakarta bila ingin ke Bandung. Sementara itu, jarak perjalanan dari Stasiun Senen ke Stasiun Tasikmalaya mencapai 264 kilometer. Artinya, calon penumpang dari Jakarta yang ingin ke sana harus melakukan tes PCR H-3 atau antigen H-1 sebelum keberangkatan.Gambaran jarak antara Jakarta, Bandung, dan Tasikmalaya dapat dilihat dalam infografik di atas.

sumber https://kumparan.com/kumparannews/skenario-perjalanan-darat-250-km-yang-wajib-tes-pcr-h-3-atau-antigen-h-1-1wpoh9jEfxI/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *