Bill Gates Ungkap Ancaman Nyata Manusia Setelah COVID-19

Pendiri Microsoft, Bill Gates. Foto: AP Photo

Bill Gates memperingatkan dunia untuk bersiap menghadapi ancaman baru setelah COVID-19 di masa depan, yakni pandemi penyakit dan serangan bioterorisme. Ia menyatakan, jika ancaman serangan teroris dengan memakai bahan-bahan kimia dan sebagainya terjadi, serangan tersebut bagaikan virus yang bisa menyebarkan wabah penyakit.Untuk menghadapinya, menurut Gates, para pemimpin dunia harus menginvestasikan miliaran dolar AS dalam hal penelitian dan pengembangan. Mantan suami Melinda French itu bahkan meminta negara-negara maju, seperti Amerika Serikat dan Inggris, berinvestasi lebih besar untuk mempersiapkan pandemi berikutnya.”Ada epidemi yang disebabkan secara alami dan epidemi yang disebabkan bioterorisme yang bahkan bisa jauh lebih buruk daripada yang kita alami hari ini, namun kemajuan dalam ilmu kedokteran seharusnya memberi kita kesiapsiagaan lebih baik,” kata Gates dalam wawancaranya dengan mantan Menteri Kesehatan Inggris, Jeremy Hunt dikutip Sky News.

Ancaman nyata manusia setelah pandemi COVID-19. Foto: Willy Kurniawan/REUTERS

Gates juga menyarankan para pemimpin dunia melakukan “germ games,” yaitu istilah yang merujuk permainan peran yang melibatkan situasi di mana teroris dapat memanfaatkan senjata biologis untuk menimbulkan kerusakan global. Jika hal itu dilakukan, setiap negara akan siap menghadapi ancaman epidemi selanjutnya.

Menurut orang terkaya keempat di dunia itu, germ games terbukti berpengaruh dalam membentuk kebijakan kesiapsiagaan pandemi. Suatu negara bisa menyediakan vaksin lebih siap, tempat tidur rumah sakit yang lebih banyak dan membuat rencana darurat jika terjadi wabah penyakit global.

Gates minta PBB bentuk Satgas Pandemi

Agar dunia lebih siap menghadapi wabah penyakit selanjutnya, Gates menyerukan pembentukan satuan tugas (Satgas) pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dengan dukungan dana bernilai miliaran dolar AS.Akan dibutuhkan miliaran (dolar AS) selama setahun untuk Satuan Tugas pandemi pada level WHO, yang akan melakukan pengintaian dan melakukan yang saya bilang germ games saat berlatih.– Bill Gates, Pendiri Microsoft –

Bill Gates Berpidato Sambil Membawa Toples Berisi Tinja Manusia Foto: MARK SCHIEFELBEIN / AP

Ia pun mencontohkan bagaimana jika ada serangan bioterorisme menggunakan virus cacar dengan target 10 bandara. Menurutnya, peran Satgas Pandemi PBB itu akan sangat penting dalam kondisi tersebut.Dengan hati yang terdalam, Bill Gates mengutuk kurangnya kesiapan dunia untuk menghadapi pandemi COVID-19. Padahal, ia sudah pernah memberikan pernyataan soal peringatan ancaman terbesar bagi kemanusiaan adalah penyakit menular, bukan perang nuklir.

‚ÄúTahun 2015, saya berbicara di Ted Talk dan menulis sejumlah makalah berjudul, ‘We’re not ready for the next pandemic‘. Dan sayangnya itu adalah ramalan yang baik tentang apa yang akan terjadi, dan tidak diharapkan siapa pun. Kerusakan ekonomi, kematian benar-benar mengerikan,” katanya.

Sumber: KUMPARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *