Foto Rektor ITB Jadi Aset Digital NFT, Diduga Bentuk Protes Mahasiswa

Konten ini diproduksi oleh kumparan

Foto Rektor ITB Jadi Aset Digital NFT, Diduga Bentuk Protes Mahasiswa
Foto Rektor ITB, Prof Reini Wirahadikusumah yang jadi aset digital NFT dijual di OpenSea. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

Foto Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Reini Wirahadikusumah, sedang viral di media sosial, karena dijadikan aset digital dalam bentuk NFT (non-fungible token). Diduga langkah tersebut dilakukan oleh mahasiswa ITB sebagai bentuk protes.

Aset digital NFT foto Rektor ITB, Prof Reini Wirahadikusumah, dijual di platform marketplace NFT, OpenSea. Total ada dua foto Prof Reini, dari dua angle, mulai close up dan setengah badan dengan mengenakan jas almamater ITB berwarna biru.Diketahui pengguna akun OpenSea dengan username ITB1920 melakukan minting, yaitu istilah mentokenisasi hasil karya ke blockchain pada Mei lalu. Ia menamai koleksi dua foto Prof Reini dengan hashtag atau tagar #ReiniOut. Sementara dua fotonya dinamai “Ibu Rektor Tercinta #1” dan “Ibu Rektor Tercinta #2”.Deskripsi dalam kedua aset NFT tersebut bernada kritik untuk Prof Reini. Dituliskan bahwa Rektor ITB tersebut abai terhadap para mahasiswanya.

Namun apa yang kulihat nyatanya berbeda. Ibuku mengelak saat diajak bicara, ibuku lebih memilih tersenyum pada dunia dan berpaling dari anaknya. Menganggap kita tiada, menganggap kita bukan manusia nyata. Materiku diambil tanpa terasa berguna, aku merasa hampa.

– Akun OpenSea, ITB1920

Foto Rektor ITB Jadi Aset Digital NFT, Diduga Bentuk Protes Mahasiswa (1)
Foto Rektor ITB, Prof Reini Wirahadikusumah yang jadi aset digital NFT dijual di OpenSea. Foto: Screenshot OpenSea

Identitas dari username ITB1920 sampai saat ini belum diketahui dengan jelas. Dan hingga kini kedua aset digital NFT itu belum ada yang memberikan penawaran.

Untuk membelinya pengguna harus memiliki akun dompet digital kripto, seperti MetaMask, Coinbase Wallet, WalletConnect, Fortmatic dan lainnya. Untuk pembayarannya hanya bisa dalam bentuk mata uang kripto.Popularitas NFT sebagai aset digital sendiri semakin meningkat belakangan ini. Meningkatnya tren NFT ini bukan tanpa alasan, popularitasnya meledak, seiring dengan meningkatnya tren investasi cryptocurrency selama pandemi COVID-19.

Foto Rektor ITB Jadi Aset Digital NFT, Diduga Bentuk Protes Mahasiswa (2)
Ilustrasi NFT (Non-Fungible Token). Foto: Shutter Stock

Siapa pun bisa menghasilkan keuntungan dari mentokenisasi karya mereka menjadi NFT. Para kolektor NFT rela menghabiskan uang mereka untuk item-item koleksi yang unik dan langka.Barang yang bisa menggunakan autentikasi NFT berkisar dari karya seni digital, lagu, meme, dan bahkan cuitan Twitter yang terpenting item-item tersebut langka dan mencuri perhatian banyak orang. Meme menjadi salah satu karya seni yang cukup popular untuk dijadikan item NFT.

Contoh, sebuah item NFT bergambar meme Doge laku terjual pada Juni 2021 dengan harga mencapai 4 juta dolar AS atau sekitar Rp 57 miliar. Nilai tersebut memecahkan rekor penjualan NFT meme sejauh ini.

sumber https://kumparan.com/kumparantech/foto-rektor-itb-jadi-aset-digital-nft-diduga-bentuk-protes-mahasiswa-1wtQLBQTX0b/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *