Cara Bikin, Jual, dan Beli NFT, Aset Digital yang Bisa Bikin Cuan

Ilustrasi NFT (Non-Fungible Token). Foto: Shutter Stock

Popularitas non-fungible token (NFT) sebagai aset digital semakin meningkat belakangan ini. Meningkatnya tren NFT ini bukan tanpa alasan, popularitasnya meledak, seiring dengan meningkatnya tren investasi cryptocurrency selama pandemi COVID-19.

Para kolektor NFT rela menghabiskan uang mereka untuk item-item koleksi yang unik dan langka. Produk yang bisa di autentikasi NFT berkisar dari karya seni, seperti foto, lukisan digital, lagu, meme, dan bahkan cuitan Twitter yang terpenting item-item tersebut langka dan mencuri perhatian banyak orang.Meme menjadi salah satu karya seni yang cukup popular untuk dijadikan item NFT. Contoh, sebuah item NFT bergambar meme Doge laku terjual pada Juni 2021 dengan harga mencapai 4 juta dolar AS atau sekitar Rp 57 miliar dan memecahkan rekor penjualan NFT meme sejauh ini.

Foto Rektor ITB, Prof Reini Wirahadikusumah yang jadi aset digital NFT dijual di OpenSea. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

Kamu juga bisa bikin dan melakukan pembelian item NFT di marketplace seperti OpenSea, Rarible atau lainnya. Untuk platform lokal, ada TokoMall yang dikelola oleh Tokocrypto, Paras Digital dan kolektibel.com.

Untuk kamu yang berniat membuat atau mengoleksi aset-aset NFT, baik untuk tujuan kesenangan maupun memperoleh cuan dengan menjualnya di harga yang lebih tinggi, bisa simak caranya yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Cara bikin karya seni jadi NFTSiapa saja bisa menjadikan karya seninya menjadi item NFT dan dijual agar dapat cuan.

1. Siapkan karya seni yang ingin dijadikan NFT

Kamu harus siapkan karya seni, baik itu foto, lukisan digital, video atau lainnya yang ingin dijadikan NFT. Ingat pastikan ini memang karya kamu sehingga tidak ada gugatan hak cipta ke depannya.

2. Pilih marketplace di mana kamu jual NFT

Kamu harus memutuskan marketplace dan blockchain mana yang ingin kamu gunakan untuk menjual NFT. Ethereum saat ini adalah layanan blockchain terkemuka untuk penerbitan NFT. Misalnya, kamu memilih OpenSea, salah satu marketplace NFT yang populer, bisa buka situs opensea.io dan klik “Create” di sudut kanan atas layar.

3. Bikin Ethereum wallet

Sebelum membuat item NFT, kamu akan diminta untuk login atau mendaftar akun dompet digital kripto, seperti MetaMask, Coinbase Wallet, WalletConnect, Fortmatic dan lainnya. Dompet digital ini juga berfungsi untuk menyimpan hasil item NFT yang kamu buat.

4. Upload item NFTSelanjutnya kamu akan dibawa ke halaman pembuatan item NFT. Di halaman ini, kamu bisa mengunggah file NFT, memberi nama dan menambahkan deskripsi. Ukuran file maksimum yang didukung adalah 100MB, tetapi disarankan untuk menyimpannya di bawah 40MB untuk waktu pemuatan yang lebih cepat.

5. Pilih blockchain NFTKamu bisa deksripsi terkait item NFT kamu, mulai dari mengatur konten agar bisa dilihat semua orang dan memberi tahu pengguna lain bahwa karya kamu mengandung unsur sensitif. Setelahnya, kamu dapat memilih blockchain mana yang ingin digunakan untuk mencetak NFT Anda. Saat ini yang paling populer adalah Ethereum. Kamu bisa langsung klik “Create” untuk melakukan minting, yaitu istilah mentokenisasi hasil karya ke blockchain.

Ilustrasi NFT (Non-Fungible Token). Foto: Shutter Stock

Cara jual NFT agar dapat cuan

Ketika item NFT kamu sudah jadi, bisa langsung dijual di platform OpenSea. Caranya bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka situs opensea.io, pilih gambar profil di pojok kanan atas, lalu klik “Profile”.
  2. Pilih NFT yang ingin dijual dari dompet digital kripto yang kamu punya. Di cara bikin item NFT, kamu diminta untuk login atau buat akun dompet digital kripto, platform itu akan menghubungkan ke sistem OpenSea.
  3. Setelah item NFT muncul, klik “Sell”. Kamu akan dibawa ke halaman untuk mengisi harga dan jenis penjualan. Kamu bisa memilih untuk menentukan harga tetap atau bikin metode penjualan lelang dengan periode waktu 1 hari, 3 hati, atau 1 Minggu.
  4. Kamu dikenakan biaya administrasi sebesar 12,5 persen yang dikurangkan pendapatan penjualan NFT di OpenSea.
Ilustrasi marketplace NFT, OpenSea. Foto: Rafael Henrique/SOPA Images

Cara beli NFT untuk koleksi

Pembeliannya sendiri dapat dilakukan dengan berbagai jenis mata uang. Namun, beberapa marketplace NFT menghendaki penggunaan mata uang kripto tertentu untuk transaksinya.

Umumnya, cara beli NFT token hampir sama di setiap platform. Hanya terdapat perbedaan kecil dalam detailnya. Sebagai contohnya, berikut cara beli NFT di marketplace OpenSea yang dapat kamu lakukan secara mudah.

  1. Pilih item NFT yang kamu suka di OpenSea.
  2. Lalu klik “Buy” untuk item NFT yang sudah menetapkan harga jual atau klik “Make a offer” untuk mengajukan harga, jika penjualan menggunakan metode pelelangan.
  3. Setelah sukses bisa klik “Checkout”. Lalu kamu akan diminta untuk login ke akun dompet digital kripto, seperti MetaMask. Pastikan ada saldo di dompet digital kamu yang sesuai dengan harga item NFT.
  4. Tunggu beberapa menit untuk proses pembelian. Setelah sukses, maka item NFT akan muncul di halaman profil akun OpenSea kamu.
  5. Kamu bisa menjual kembali item NFT tersebut dengan harga yang lebih tinggi di platform OpenSea.

Sumber: KUMPARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *