Media Vietnam Sindir Timnas Indonesia: ‘Raja Runner up’ & Nihil Prestasi

Pemain Timnas Indonesia berpose sebelum bertanding melawan Timnas Australia pada leg kedua kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Republican Central, Dushanbe, Tajikistan, Jumat (29/10/2021). Foto: Humas PSSI/HO ANTARA

Hawa panas telah terasa jelang perhelatan Piala AFF 2020 dengan salah satunya dipantik media Vietnam. Di turnamen dua tahunan itu, Timnas Indonesia disebut sebagai ‘Raja Runner up’ serta tak memiliki prestasi menonjol.

Di Piala AFF 2020, Indonesia yang tergabung di Grup B akan bersua Vietnam yang berstatus sebagai jawara bertahan. Selain itu, ada pula musuh bebuyutan Malaysia serta Kamboja, dan Laos.Indonesia akan memulai laga perdananya pada 9 Desember melawan Kamboja. Sebelum menghadapi Laos, Vietnam, dan Malaysia.Media Vietnam, TheThao247, menyoroti peluang Timnas Indonesia di Piala AFF edisi kali ini. Hal itu terlihat dalam artikel berjudul “‘Raja tempat kedua’ Piala AFF tidak memberi tekanan pada pelatih” yang tayang pada Senin (8/11) lalu.

Pemain Indonesia Ramai Kumakiek (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Taiwan pada babak Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021). Foto: Humas PSSI/HO ANTARA FOTO

“Tidak ada tim di Asia Tenggara saat ini yang bercita-cita menjadi juara Piala AFF seperti Indonesia. Mereka adalah tim runner-up terbanyak dengan 5 kali mencapai final tetapi semuanya harus kalah,” tulis TheThao247.

“Sepak bola Indonesia dalam beberapa tahun terakhir juga tidak memiliki prestasi yang menonjol selain medali perak pada cabang olahraga sepak bola putra pada SEA Games ke-30,” lanjut artikel itu.Tak hanya itu, TheThao247 juga menilai peluang Indonesia untuk bisa lolos dari penyisihan Grup B cukup berat. Skuad asuhan Shin Tae-yong diyakini akan kesulitan berharapan dengan Vietnam dan Malaysia.

Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan berebut bola dengan pemain Timnas Vietnam pada pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6). Foto: Instagram/@PSSI

“Di Piala AFF 2020, Indonesia berada di Grup B bersama dengan tim kelas berat lainnya seperti juara bertahan Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Sebelum memikirkan tujuan juara, pelatih Shin Tae-yong harus mencari cara untuk mengatasi penyisihan grup mengingat Vietnam dan Malaysia adalah dua tim yang mencapai final Piala AFF 2018,” tutup artikel itu.

Di Piala AFF, Indonesia tercatat menjadi lima kali runner-up yakni pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Sumber: KUMPARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *