Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Malam Ini, Jarak Luncur 2.000 Meter

Awan panas guguran gunung Merapi terlihat pada Senin (9/8). Foto: Twitter/@BPPTKG

Aktivitas Gunung Merapi hingga Senin (9/8), masih tinggi. Terbaru, sekitar pukul 22.45 WIB, Gunung Merapi meluncurkan guguran awan panas.

BPPTKG menjelaskan, guguran awan panas itu tercatat dalam seismogram. Jarak luncur mencapai 2.000 meter ke arah barat daya.”Tanggal 9 Agustus 2021 pukul 22.45 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 40 mm dan durasi 105 detik. Jarak luncur 2.000 m ke arah barat daya,” tulis BPPTKG.

Sebelumnya, pada Minggu (8/8), Gunung Merapi meluncurkan guguran awan panas sebanyak lima kali dengan jarak 1,1 hingga 3 kilometer ke arah barat daya.

Hingga saat ini, status Gunung Merapi pada level III atau siaga. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terkait aktivitas Gunung Merapi.Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan bisa berdampak ke wilayah sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Sementara lontaran material vulkanik apabila terjadi letusan eksplosif diperkirakan dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak

Sumber: KUMPARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *