Xiaomi Ubah Nama Brand HP Mi, Ini Gantinya

Logo Xiaomi Foto: Reuters

Xiaomi umumkan bahwa mereka tak akan lagi memakai merek ‘Mi’ untuk perangkat smartphone mereka. Keputusan ini pun akan mengakhiri branding handphone (HP) Mi yang telah berusia 10 tahun.

Juru bicara Xiaomi mengatakan bahwa pihaknya akan ganti namamerek ‘Mi’ dengan sebutan ‘Xiaomi’. Perubahan branding ini akan dimulai pada paruh akhir 2021.”Mulai Q3 2021, seri produk Xiaomi ‘Mi’ akan diganti namanya menjadi ‘Xiaomi’,” kata juru bicara tersebut, seperti dikutip XDA Developers. “Perubahan ini akan menyatukan kehadiran merek global kami dan menutup kesenjangan persepsi antara merek dan produknya. Perubahan ini mungkin memerlukan waktu untuk diterapkan di semua wilayah.”Brand HP Mi pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2011 melalui smartphone Xiaomi Mi 1.

Ilustrasi logo Xiaomi di pameran MWC 2019 di Barcelona, Spanyol. Foto: Aditya Panji/kumparan

Xiaomi mengatakan bahwa mereka akan tetap mempertahankan merek Redmi. Sebagai pengganti brand Mi, merek Xiaomi bakal diusung sebagai seri smartphone premium, di atas produk Redmi.Perusahaan menyebut bahwa produk brand HP Xiaomi akan “mewakili puncak teknologi dan menawarkan pengalaman premium.” Adapun produk Redmi akan “membawa inovasi besar pada titik harga yang lebih terjangkau dan ditujukan untuk audiens yang lebih muda.”

Xiaomi juga menyebut bahwa peralihan nama brand dari Mi ke Xiaomi akan diterapkan pada ekosistem dan produk IoT. Meski demikian, logo merek Mi akan terus digunakan di toko Mi Home Xiaomi untuk saat ini.Merek Mi sendiri sebagian besar digunakan di pasar luar China, termasuk Indonesia. Namun, Xiaomi sebenarnya telah branding HP Mi sebagai Xiaomi di negara asalnya. Mi 11, contohnya, sudah disebut sebagai Xiaomi 11 di China.Perubahan nama brand HP Xiaomi sebenarnya telah muncul dalam seri Mi Mix terbaru yang rilis bulan ini. Xiaomi menyebutnya sebagai Xiaomi Mix 4, bukan Mi Mix, Mi Mix 2, dan Mi Mix 3 seperti pendahulunya.

Sumber: KUMPARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *