Vanuatu Singgung Pelanggaran HAM Papua di PBB, Indonesia Menjawab

Konten ini diproduksi oleh kumparan

Vanuatu Singgung Pelanggaran HAM Papua di PBB, Indonesia Menjawab
Perdana Menteri Republik Vanuatu Bob Loughman di sidang umum PBB. Foto: Youtube/United Nation

Perdana Menteri Republik Vanuatu Bob Loughman menyinggung dugaan pelanggaran HAM di Papua Barat dalam Sidang Umum PBB, Minggu (26/9).

Loughman mengatakan, penduduk Papua Barat terus merasakan penderitaan akibat pelanggaran di wilayahnya. Ia meminta PBB untuk mengunjungi Papua Barat secara langsung.”Forum Pacific dan para Pemimpin ACB meminta Pemerintah Indonesia untuk mengizinkan Dewan HAM PBB mengunjungi Papua Barat untuk melakukan penilaian secara independen terkait situasi HAM,” ujar Loughman.Ia juga berharap PBB melihat dugaan pelanggaran tersebut secara serius dan menanganinya secara adil.Lebih lanjut, Loughman menyinggung pelanggaran HAM dan referendum di Kaledonia Baru dan Polinesia Prancis. Ia meminta PBB dan organisasi internasional mendukung proses referendum di kedua negara itu.

Bukan Kali Pertama Vanuatu Singgung Papua di Sidang PBB

Sebenarnya ini bukan kali pertama Vanuatu menyinggung masalah Papua di sidang umum PBB. Hal yang sama pernah disampaikan Loughman pada 2020. Pada tahun tersebut, ia meminta PBB untuk turun langsung ke Papua Barat.

Kemudian pada 2019, Vanuatu menuduh Indonesia tak memberi izin kepada Dewan HAM PBB mengunjungi Papua.

sumber https://kumparan.com/kumparannews/vanuatu-singgung-pelanggaran-ham-papua-di-pbb-indonesia-menjawab-1wbaUw4TJJ1/1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *