Kematian Harian COVID-19 Rusia Pecah Rekor: 973 Jiwa dalam 24 Jam

Konten ini diproduksi oleh kumparan

Kematian Harian COVID-19 Rusia Pecah Rekor: 973 Jiwa dalam 24 Jam
Staf medis menggunakan alat pelindung diri (APD) melihat perawatan pasien terinfeksi virus corona di Istana Es Krylatskoye, Moskow, Rusia. Foto: Maxim Shemetov/REUTERS

Situasi COVID-19 di Rusia terus memburuk setiap harinya. Pada Selasa (12/10), pemerintah mencatat 973 pasien meninggal akibat COVID-19. Angka itu menjadi yang tertinggi sejak pandemi bermula.

Dikutip dari Reuters, jumlah pasien meninggal ini menyebabkan kekhawatiran pemerintah Rusia. Sebab, kematian juga dibarengi dengan cepatnya peningkatan kasus harian COVID-19.Kasus COVID-19 pada hari Selasa bertambah 28.190 infeksi dalam 24 jam terakhir. “Karakteristik utama dari gelombang ini adalah peningkatan angka kasus yang cepat, serta tingginya jumlah pasien yang infeksinya menunjukkan pemburukan dengan cepat dalam dua atau tiga hari dan membutuhkan resusitasi,” ujar Menteri Kesehatan Mikhail Murashko.

Dalam rapat pemerintahan yang disiarkan di televisi, Murashko mengungkapkan, sebanyak 1,1 juta pasien saat ini tengah dirawat akibat mengidap gejala COVID-19.

Kematian Harian COVID-19 Rusia Pecah Rekor: 973 Jiwa dalam 24 Jam (1)
Ilustrasi peti mati pasien COVID-19 Foto: Gustavo Graf/REUTERS

Kepala Badan Pengawas Kesehatan Konsumen Rusia, Anna Popova, mengatakan sejumlah wilayah Rusia tengah menggalakkan kebijakan wajib masker di ruang publik.Di Moskow, pemerintah menegaskan setidaknya 80% karyawan di pusat perbelanjaan, salon kecantikan, gym, dan tempat publik lainnya, harus sudah divaksinasi COVID-19.

Rusia tergolong cepat dalam memproduksi vaksin COVID-19 Sputnik V, tetapi penyuntikannya justru jauh lebih lambat dibandingkan dengan negara-negara lain. Hal ini disebabkan oleh banyaknya warga yang tidak percaya terhadap pemerintah dan vaksin.Menurut data yang dihimpun Worldometers.info, total kasus COVID-19 Rusia mencapai 7.832.964 infeksi dan 218.345 kematian.

sumber https://kumparan.com/kumparannews/kematian-harian-covid-19-rusia-pecah-rekor-973-jiwa-dalam-24-jam-1whvbbQvIqM/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *