Usai Disita Satgas BLBI, Aset Tommy Soeharto di Karawang Akan Dilelang

Konten ini diproduksi oleh kumparan

Usai Disita Satgas BLBI, Aset Tommy Soeharto di Karawang Akan Dilelang
Plang informasi penyitaan yang berdiri di area PT TPN Karawang. Foto: Dok. Istimewa

Pemerintah akan melelang aset PT Timor Putra Nasional (TPN) milik Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto yang hari ini disita Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI).

Aset tersebut berada di atas lahan seluas 124 hektar di Kawasan Industri Mandala Putra, Dawuan, Cikampek, Kabupaten Karawang. Aset tersebut disita lantaran masih berutang kepada negara sebesar Rp 2,612 triliun.”Terhadap aset jaminan PT TPN yang telah dilakukan penyitaan akan dilanjutkan proses pengurusannya melalui mekanisme PUPN yaitu dilakukannya penjualan secara terbuka (lelang),” kata Ketua Satgas BLBI Rionald Silaban dalam keterangannya, Jumat (5/11). Ada empat bidang tanah yang disita di Karawang. Pertama, tanah seluas 530.125,526 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB nomor 4/Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors.

Kedua, tanah seluas 98.896,700 m2 terletak di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB nomor 22/Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors.

Usai Disita Satgas BLBI, Aset Tommy Soeharto di Karawang Akan Dilelang (1)
Tommy Soeharto saat dikawal polisi ke pengadilan pusat di Jakarta, 27 Maret 2002. Foto: Adek Berry/AFP

Ketiga, tanah seluas 100.985,15 m2 terletak di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB nomor 5/ Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors.

Keempat, tanah seluas 518.870 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB nomor 3/ Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen.Rionald juga menegaskan akan terus melakukan penagihan kewajiban obligor/debitur dan melakukan penguasaan atas aset jaminan agar pengembalian kewajiban dana BLBI dapat segera terealisasi. “Saya ucapkan terima kasih sehingga penyitaan hari ini bisa dilakukan dan berjalan dengan baik. Mudah-mudahan ini bisa jadi penyelesaian kewajiban dari PT Timor Putra Nasional,” tutupnya.

sumber https://kumparan.com/kumparanbisnis/usai-disita-satgas-blbi-aset-tommy-soeharto-di-karawang-akan-dilelang-1wrJ48FPKti/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *