Xavi Hernandez Resmi Jadi Pelatih Baru Barcelona

Xavi Hernandez tolak tawaran Barcelona untuk gantikan Ernesto Valverde. Foto: Reuters/Kai Pfaffenbach

Status Xavi Hernandez sebagai pelatih Barcelona akhirnya menemukan titik terang. Kabar ini diumumkan oleh Blaugrana pada Sabtu (6/11) pagi WIB.

Barcelona sebelumnya memecat Ronald Koeman usai keok dari Rayo Vallecano pada 28 Oktober lalu. Usai pemecatan itu, Xavi jadi kandidat kuat sebagai pengganti.Setelah beragam kabar beredar, kesepakatan antara kedua pihak akhirnya tercapai. Xavi akan menangani Barcelona hingga akhir musim 2024 mendatang.

Legenda Barcelona dan Timnas Spanyol, Xavi Hernandez. Foto: REUTERS/Gustau Nacarino

“Barcelona telah mencapai kesepakatan degan Xavi Hernandez untuk menjadi pelatih tim utama di sisa musim ini dan dua musim lagi,” tulis pernyataan Barcelona dikutip dari laman resmi.

“Xavi Hernandez, produk tim muda Barca, telah meninggalkan klubnya saat ini, Al-Sadd dari Qatar, setelah pembicaraan diadakan selama beberapa hari terakhir dengan pemilik klub,” lanjut pernyataan tersebut.Xavi meninggalkan Camp Nou pada 2019 lalu dan bergabung dengan Al-Sadd sebagai pelatih. Hanya dalam beberapa bulan, ia berhasil membawa klubnya menjuarai Liga Super Qatar dan menembus semifinal Liga Champions AFC.

Xavi Hernandez memimpin Al-Sadd di Piala Dunia Antarklub 2019. Foto: AFP/Karim Jaafar

Bisa dibilang, prestasi Xavi di Qatar cukup mentereng. Ia membantu Al-Sadd memenangi tujuh trofi berbeda, tiga trofi di antaranya didapat pada 2021.

Menurut pernyataan resmi Barcelona, pria 41 tahun tersebut akan tiba di Camp Nou pada akhir pekan ini. Xavi akan diperkenalkan secara resmi pada Senin (8/11) mendatang.

Sumber : KUMPARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *