4 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Pembeda saat Kontra Timor Leste

4 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Pembeda saat Kontra Timor Leste
Pemain tim Indonesia yang melawan Thailand di leg 2 final AFF 2020 di Singapura. Foto: Roslan RAHMAN / AFP

Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan uji coba melawan Timor Leste pada Kamis (27/1) malam WIB. Setidaknya, ada beberapa pemain yang berpotensi tampil sebagai pembeda di laga tersebut.

Pertandingan Indonesia vs Timor Leste sendiri akan masuk dalam kalender resmi FIFA. Jadi, apa pun hasilnya nanti tentu akan berdampak pada posisi kedua tim dalam peringkat dunia FIFA.Pelatih Shin Tae-yong memanggil total 27 pemain untuk pemusatan latihan kali ini. Dari pemain-pemain tersebut, hanya Elkan Baggott yang merupakan pemain klub luar negeri. Namun, pada pertandingan malam nanti Elkan belum bisa diturunkan karena ia belum bergabung bersama rekan-rekannya di Bali.Duel Ini rencananya akan dihelat dua kali pada 27 dan 30 Januari. Kedua laga tersebut bakal dimainkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.Berangkat dari hal itu, berikut ini kumparanBOLA sajikan 4 pemain yang berpotensi menjadi pembeda di laga Indonesia vs Timor Leste. Silakan disimak.

1. Pratama Arhan

4 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Pembeda saat Kontra Timor Leste (1)
Pemain Indonesia Pratama Arhan Alif Rifai (kiri) berebut bola dengan pemain Thailand Narubadin Weerawatnodom pada pertandingan leg kedua final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020. Foto: Roslan RAHMAN / AFP

Pratama Arhan tampaknya masih akan menjadi bek kiri andalan Timnas Indonesia. Perannya di Piala AFF 2020 lalu memang sukses mengundang perhatian: turun di enam pertandingan, mencetak dua gol plus dua assist.Arhan memiliki kecepatan dan kemampuan bertahan serta menyerang yang sama baiknya. Selain itu, Arhan juga memiliki kebolehan lain yang berbeda dari rekan-rekannya, yakni lemparan ke dalam jarak jauh.Jika melihat statistik Arhan di Piala AFF, torehan gol dan assist-nya memang cukup produktif sebagai seorang bek. Hal ini bisa menjadi pembeda Timnas Indonesia saat menghadapi situasi deadlock.

Sebelumnya, Arhan dikabarkan tengah berkutat dengan cedera. Namun, pelatih fisik timnas, Shin Sang-Gyu, menerangkan bahwa hal itu tidak berdampak banyak.

”[Kondisi Arhan] mungkin ada radang di bagian otot. Karena Arhan, ‘kan, sejak tahun lalu bermain terus di level timnas. Tapi, secara fisik tidak ada masalah. Yang penting rasa nyerinya berkurang, karena secara fisik tak ada masalah,” kata Shin Sang-Gyu dalam kanal Youtube PSSI pada Rabu (27/1).

2. Ramai Rumakiek

4 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Pembeda saat Kontra Timor Leste (2)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Ramai Melvin Rumakiek pada pertandingan Grup B AFF Suzuki Cup di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12). Foto: Yong Teck Lim/Getty Images

Nama selanjutnya adalah Ramai Rumakiek. Memang, Ramai Rumakiek minim menit bermain selama Piala AFF. Pelatih Shin Tae-yong kerap hanya memainkan Ramai dari bangku cadangan.Namun, hal itu tampaknya merupakan bagian dari strategi Shin. Ramai yang punya kelebihan di sektor kecepatan lebih tepat dimainkan di babak kedua sebagai super-subs. Harapannya, Ramai bisa membawa angin segar dan menjadi game changer.Di Piala AFF, Ramai tak pernah diturunkan selama 90 menit. Salah satu penampilan terbaiknya adalah saat bersua Kamboja, di mana Ramai kala itu berhasil mencetak gol usai dimainkan di babak kedua.

3. Irfan Jaya

4 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Pembeda saat Kontra Timor Leste (3)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Irfan Jaya usai mencetak gol ke gawang Timnas Malaysia pada pertandingan Piala AFF di Stadion Nasional, Singapura. Foto: PSSI

Irfan Jaya adalah salah satu winger produktif di Liga 1 2021/22. Sepanjang kompetisi, ia sudah mencetak enam gol dan tiga assist. Padahal, kontribusi Irfan bersama Persebaya tidak maksimal. Irfan hanya tampil 12 kali dalam 20 laga karena beberapa kali absen membela timnas.Di Piala AFF, Irfan merupakan pemain andalan Shin Tae-yong. Winger lincah ini selalu dimainkan sepanjang turnamen, ia tak pernah absen. Statistik Irfan bersama timnas di Piala AFF juga layak diacungi jempol: mencetak tiga gol dan dua assist.

4. Terens Puhiri

4 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Pembeda saat Kontra Timor Leste (4)
Aksi pemain Borneo FC, Terens Puhiri, kala melawan Barito Putera. Foto: dok. Liga Indonesia

Terens Puhiri tampaknya akan segera melakoni debutnya di Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong. Hal ini tak lepas dari catatan mengesankan pemain 25 tahun itu bersama Borneo FC di Liga 1 2021/22.

Terens benar-benar menjadi ‘jantung’ bagi Borneo FC. Ia selalu dimainkan sejak awal kompetisi hingga pekan ke-20, mencetak empat gol serta empat assist.Terens Puhiri agaknya sedikit mirip dengan Ramai Rumakiek. Ia adalah sosok winger lincah, dan bisa diandalkan untuk menjadi super-subs untuk mengubah pertandingan.

Sumber: KUMPARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.