Pemotor, Ini Alasan Saat Isi Bensin Wajib Turun dari Motor

more-vertical
Pemotor, Ini Alasan Saat Isi Bensin Wajib Turun dari Motor
Pengendara motor mengisi BBM jenis Pertalite di sebuah SPBU Pertamina di Jakarta, Jumat (24/12/2021). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Ketika melakukan pengisian bahan bakar, mayoritas pengendara motornaked atau skutik bongsor dengan tangki di luar jok, seringkali malas untuk turun dari sepeda motor.

Alasannya, posisi lubang pengisian bahan bakar yang sudah berada di luar jok, membuat mereka merasa tak perlu lagi turun dari motor. Karena dinilai tidak praktis dan membuang waktu.Padahal, kewajiban untuk turun dari sepeda motor saat melakukan pengisian bahan bakar, berlaku untuk segala jenis motor. Tentu saja, aturan ini bukan tanpa alasan.Menurut salah satu Shift Manager SPBU Shell, Yani mengatakan bahwa kebijakan tersebut sudah menjadi standar prosedur operasional atau SOP. Ini juga berkaitan dengan aspek keselamatan terhadap pengendara motor itu sendiri, khususnya ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.“Karena memang SOP dari kita kan standarnya sudah seperti itu, jadi memang sudah ketentuannya seperti itu (wajib turun dari motor). Kendaraan tangki yang di depan itu tetap harus turun, tidak hanya motor yang tangkinya di bawah jok, yang ditekankan adalah masalah safety-nya,” terang Yani saat ditemui kumparan beberapa waktu lalu.

Menghindari risiko lebih besar ketika situasi darurat

Pemotor, Ini Alasan Saat Isi Bensin Wajib Turun dari Motor (1)
Ilustrasi SPBU Shell. Foto: Sena Pratama/kumparan

Lebih lanjut, kata Yani, ketika proses pengisian bahan bakar dilakukan, segala potensi terburuk bisa saja terjadi, termasuk menyoal potensi timbulnya arus listrik statis.“Contoh, kita kan enggak tahu kondisi motor setiap saat, misalnya kelistrikannya bagus apa enggak. Jadi untuk mencegah terjadinya listrik statis yang dapat menimbulkan percikan api dan berpotensi terjadinya kebakaran, bisa dibilang seperti itu,” pungkasnya.Dengan pengendara turun dari motornya, maka apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, membuat proses evakuasi bisa jadi lebih cepat.Karena itu, untuk menertibkan pengendara agar mau mematuhi aturan tersebut, Yani menyebut biasanya petugas terlebih dahulu akan memberikan sosialisasi kepada pengendara ketika hendak melakukan pengisian bahan bakar.

“Buat yang belum tahu kita kasih pengertian ke pengendara meski tangkinya di depan harus tetap turun karena itu sudah menjadi SOP,” tuturnya.

sumber https://kumparan.com/kumparanoto/pemotor-ini-alasan-saat-isi-bensin-wajib-turun-dari-motor-1xW1nuzWAuV/full

Leave a Reply

Your email address will not be published.