Israel Tembak Jatuh Drone dari Hizbullah

kumparanNEWS

Israel Tembak Jatuh Drone dari Hizbullah
Ilustrasi reaper drone. Foto: Dok. defencedirecteducation

Militer Israel menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak (drone) pada Kamis (17/2). Israel menuding drone itu dikirim kelompok Hizbullah.

“Pasukan menjatuhkan drone milik organisasi teroris Hizbullah yang menyeberang dari Lebanon ke wilayah udara Israel,” tulis pernyataan yang dirilis militer Israel, seperti dikutip dari AFP.Serangan terbaru itu datang sehari usai pemimpin milisi mengatakan kelompoknya tengah memproduksi drone militer di Lebanon.

Israel Tembak Jatuh Drone dari Hizbullah (1)
Pemimpin Hezbollah, Sayyed Hassan Nasrallah (tengah). Foto: AFP/ANWAR AMRO

Pemimpin milisi, Sayyed Hassan Nasrallah, mengeklaim mereka memiliki teknologi yang dapat mengubah ribuan rudal menjadi amunisi dengan presisi target yang akurat.

Militer Israel tak memberikan keterangan lebih lanjut, tetapi mengatakan akan terus melakukan operasi untuk mencegah segala upaya yang melanggar kedaulatan Israel.Israel dan Hizbullah merupakan musuh bebuyutan. Mereka menggempur satu sama lain selama sebulan pada tahun 2006. Sampai sekarang konflik antar kedua pihak masih belum selesai.Israel menganggap Hizbullah yang didukung Iran sebagai ancaman terbesarnya. Pasalnya, Hizbullah memiliki sekitar 150 ribu roket dan rudal yang mampu menargetkan titik mana pun di Israel.

Sejak lama, Israel khawatir Hizbullah akan memperoleh atau mengembangkan misil dengan kendali atau pesawat tak berawak.Maka dari itu, Israel secara rutin menyerang negara tetangganya, Suriah. Pihaknya mengatakan, serangan-serangan tersebut diluncurkan untuk menghentikan pengiriman senjata dari Iran ke Hizbullah lewat Suriah.

sumber https://kumparan.com/kumparannews/israel-tembak-jatuh-drone-dari-hizbullah-1xWuRiLgH9d/full

Leave a Reply

Your email address will not be published.