Sri Mulyani Singgung Luhut: Menko Paling Tajir, Tarif Pajaknya 35 Persen

Sri Mulyani Singgung Luhut: Menko Paling Tajir, Tarif Pajaknya 35 Persen
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut pajak yang dibayarkan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meningkat. Selain itu, Sri Mulyani mengungkapkan Luhut sering menjelaskan kalau pendapatan negara bisa meningkat karena harga batu bara sedang naik.

“Pak Luhut berkali-kali bilang harga batu bara naik itu, setoran ke pemerintah naik. Tapi pajaknya Pak Luhut pribadi juga meningkat pasti di bracket 35 persen (tarif PPh 35 persen untuk penghasilan di atas Rp 5 miliar per tahun),” kata Sri Mulyani disambut tepuk tangan Luhut dan peserta yang hadir saat acara lapor SPT Pajak Tahunan di Kantor Ditjen Pajak, Selasa (8/3).Selain Luhut, dalam pelaporan pajak kali ini juga dihadiri secara langsung oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Menko Polhukam Mahfud MD.Sri Mulyani menjelaskan bracket tertinggi menurut UU HPP akan dinaikkan ke angka 35 persen. Dalam kesempatan ini, Sri Mulyani juga menyambut baik Luhut yang mau datang secara langsung dalam melaporkan pajaknya.

“Makanya saya sampaikan beliau (Luhut) harus hadir hari ini. Tadinya agak berhalangan. Saya bilang kalau Menko yang paling tajir, enggak datang nanti simbolnya jadi kurang baik,” ungkap Sri Mulyani.

Sri Mulyani Singgung Luhut: Menko Paling Tajir, Tarif Pajaknya 35 Persen (1)
Menkeu Sri Mulyani, Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, hingga Menko Polhukam Mahfud MD lapor SPT Pajak. Foto: Youtube/Ditjen Pajak

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) 2020 yang disampaikan pada 24 Maret 2021, Luhut merupakan salah satu pejabat negara terkaya. Dikutip dari LHKPN 2020, total harta kekayaan Luhut mencapai Rp 745.188.108.997 atau Rp 745 miliar. Dibanding laporan tahun 2019, harta kekayaan Luhut tercatat naik Rp 67,74 miliar dari sebelumnya Rp 677,44 miliar.Luhut memiliki 16 tanah dan bangunan yang totalnya bernilai Rp 244,019 miliar. Ke-16 tanah dan bangunan itu berlokasi di Bogor, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Badung, Malang, Tapanuli Utara, Toba Samosir, hingga Simalungun.

Ada juga surat berharga senilai Rp 106,16 miliar dan harta bergerak lainnya senilai Rp 3,38 miliar. Kemudian tercatat juga alat transportasi dan mesin senilai Rp 2,485 miliar, kas dan setara kas senilai Rp 194,009 miliar, harta lainnya Rp 207,12 miliar. Luhut tercatat memiliki utang senilai Rp 12 miliar. Sehingga, kini total kekayaan Luhut Binsar Pandjaitan senilai Rp 745,188 miliar.Sri Mulyani menegaskan pajak menggunakan prinsip gotong royong. Sehingga yang dianggap tidak mampu bisa tidak membayar pajak. Bahkan, masyarakat yang tidak mampu mendapatkan bantuan dari pemerintah.“Bahkan mendapatkan bantuan melalui PKH tempatnya Pak Menko PMK, kita mendapatkan untuk memberikan program-program Bansos apakah PKH, sembako atau BLT, atau sekarang TNI dan Polri diminta membagikan untuk masyarakat PKL hingga nelayan bantuan pemerintah,” tutur Sri Mulyani.

sumber https://kumparan.com/kumparanbisnis/sri-mulyani-singgung-luhut-menko-paling-tajir-tarif-pajaknya-35-persen-1xdz7GkB6Sx/full

Leave a Reply

Your email address will not be published.